2/6/13

Melangkah dan Sedikit Tahu Jalan

Assalammu'alaikum kawan-kawan. Karena via sms memakan energi yang lumayan untuk mengetik, maka saya jarkom via blog aja ya. Hahaha.

Seperti yang sudah disepakati di taman penuh nyamuk siang tadi, maka:
  1. Jum'at, 8 Februari 2013 tema utamanya adalah DARIMANA MANUSIA BERASAL? Ngajinya 1 jam 30 menit ya.
  2. 30 menit pertama diisi sesuai tema ya. Medianya apa aja boleh.
  3. Setelah itu diisi materi sesuai kelas kakak pengajarnya:
  • Kelas Kak Imam (adik-adik kelas 2 SD ke bawah): baca Iqro, hafalan do'a dan Juz Amma
  • Kelas Kak Anggun (adik-adik kelas 3-4 SD): hafalan do'a dan Juz Amma, tayamum (optional)
  • Kelas Kak Heru (adik-adik kelas 5-6 SD): syarat sah dan rukun sholat, hafalan doa
  • Kelas saya (adik-adik kelas SMP-SMK): hijab untuk wanita dan hukum merayakan Valentine Day

Ada informasi dari Ibu Neneng:
  1. Ibu masih sakit, jadi terima kasih sekali sudah mau bantu. Semoga nggak terpaksa ya? (nggak bu Insya Allah). Terus mungkin nggak bisa menyediakan apa-apa. Jadi jangan lupa makan siang dulu ya kawan-kawan.
  2. Adik-adik kelas 4 SD ke bawah masih Iqro. Mungkin Kak Imam dan Kak Anggun bisa dibantu adik-adiknya ya. Mereka nggak punya Iqro. Biasanya Ibu Neneng mengajar Iqro dengan menulis di papan tulis sambil belajar baca dan menulis Arab. Boleh itu dua papan tulis di mushola dimanfaatkan. Oh iya, saya ada buku Iqro dan buku latihan menulis hijaiyah. Kalau mau pinjam, sms aja ya. Mudah-mudahan bisa saya perbanyak.
  3. Ada 3 masjid di Perumnas (perumahan sebelum masuk water training). Mungkin kakak laki-laki bisa sholat Jum'at di sana, jadi datangnya bisa lebih cepat juga hehe.
Diingat ya untuk menulis data adik-adik yang kawan-kawan pegang, meliputi: nama, umur, kelas, dan Al Qur'an atau Iqro (adik-adiknya sudah bisa baca sampai mana?).

Untuk pengumuman ini saya lupa membicarakannya tadi di taman (err). Moga-moga setuju ya. Tolong nanti di akhir kelas, adik-adiknya diberi tugas untuk dikerjakan di rumah dan dibawa lagi ketika Jum'at selanjutnya (insya Allah), yaitu:
  1. Adik-adik membuat tanda pengenal nama sendiri yang besar, yang bisa terbaca, dan bisa ditempel atau dipakai setiap mengaji. Alat dan bahannya terserah adik-adik, sekreatif mungkin ya. Tugas ini supaya kita bisa mengingat nama adik-adik dan bisa menilainya. Niatnya sih tiap Jum'at, kakak-kakak bisa menilai adik-adiknya. Kelanjutan evaluasi ini didiskusikan nanti ya.
  2. Mulai Jum'at berikutnya adik-adik diharapkan membawa alat sholat (mukena, sajadah, peci). Tugas ini supaya setelah selesai kelas kita semua bisa sholat Ashar berjamaah di mushola baru pulang.
  3. Mulai Jum'at berikutnya adik-adik membawa buku tulis khusus mengaji ya. Beberapa adik sih sudah ada yang punya.
Oh iya, kalau ada teman lain mau ikut bisa masuk ke kelas yang diinginkan ya. Kalau temannya perempuan, bisa bantu Kak Anggun atau saya. Kalau temannya laki-laki, bisa bantu Kak Heru atau Kak Imam. Yang mau bareng saya, ditunggu di lampu merah Semplak jam 9 pagi.

--
Nih ada penggalan terjemahan Al Qur'an biar makin semangat!

"Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan rezeki dan kepadaNyalah kamu dikembalikan." (TQS: Al Baqarah: 245). Meminjami maksudnya menginfakkan hartanya di jalan Allah. Semoga yang kita lakukan termasuk menginfakkan harta di jalan Allah ya. Aamiin.

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat pahala dari kebajikan yang dikerjakannya dan dia mendapat siksa dari kejahatan yang diperbuatnya. Mereka berdoa, "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."" (TQS: Al Baqarah: 286). Maha Benar Allah dengan segala firmanNya.

Wassalammu'alaikum ^^

No comments:

Post a Comment